Sabtu, 31 Desember 2016

Pengalaman Beli Harddisk di Lazada

Sudah dari lama aku pengen beli harddisk (HDD). Bukan hanya ingin, tapi lebih ke arah kebutuhan. Kapasitas harddisk di laptopku (HP Compaq 510) amatlah kecil, hanya 245 GB di local disk D dan local disk E. Padahal, banyak banget data yang perlu kusimpan, terutama film, fotografi dan videografi yang memakan banyak ruang penyimpanan. Tak butuh waktu lama, 2 tahun dari membeli laptop, kapasitas harddisk-ku sudah hampir penuh, dan jalan keluar yang ada saat itu hanya memindah sebagian ke flashdisk atau menghapus selama-lamanya.
            Waktu demi waktu berlalu. Aku sempat ke Hi Tech Mall Surabaya buat tanya harga harddisk, sekitar tahun 2015 atau 2016 awal, dan penjualnya bilang sekitar 700 ribu untuk kapasitas 500 GB dan 1 juta untuk kapasitas 1 TB. Lumayan juga, jadi harus nabung nih. Lalu, aku nyoba nyari di Lazada, salah satu situs belanja online yang paling ku percaya. Kata orang-orang, merk yang bagus adalah Western Digital (WD) atau Seagate, maka aku fokuskan nyari dari dua merk itu.

            Ketemulah harganya. Sebagai patokan aja, harga HDD 1 TB rata-rata 700-800 ribu, sementara 2 TB diatas 1,1 juta. Wah, rupanya jauh lebih murah dari harga jual di Hi Tech Mall. Atau memang dari tahun ke tahun harga barang elektronik emang semakin murah ya? Oke, singkat cerita, aku berhasil mengumpulkan uang sekitar 1 jutaan (hasil dari honor menulis di Cerita Kita & Magang Gogirl, jumlah sebenarnya jauh lebih banyak, hanya saja sudah terpakai untuk kebutuhan lain hehehe). Aku menimbang-nimbang, beli 1 TB atau 2 TB ya? Akhirnya, ku pilihlah 1 TB dengan pertimbangan: ngapain beli sekaligus kapasitas gede? Mendingan beli 1 TB, lebih murah dan kalau penuh bisa beli 1 TB lagi. Lumayan lama lah nunggu 1 TB penuh itu, bisa berbulan-bulan atau bertahun-tahun, jadi aku memutuskan beli yang 1 TB.
            Akhirnya, aku memutuskan untuk beli Seagate Backup Plus Slim 1 TB. Harganya di Lazada sekitar Rp. 760.000, dapat bonus pouch HDD dan kalender tahun 2017. Aku pilih warna putih biar serasi dengan powerbank yang aku punya. Senangnya lagi, gratis ongkos kirim! Dan pakai metode pembayaran favoritku yaitu COD (karena males transfer, ribet). Aku pesan tanggal 11 Desember dan pesananku datang by JNE tanggal 15 Desember :)
            Setelah ku foto, langsung ku buka. Segelnya rapat, jadi bukanya lumayan sulit (gak papalah, biar isinya aman). Isi kardus Seagate Backup Plus Slim 1 TB-ku ada HDD, kabel data USB 3.0 (bisa 2.0 juga). Ada pouch untuk wadah HDD, ada pula bonus kalender meja tahun 2017. Lumayan, biar gak beli kalender, hehe. Ada guide book dalam berbagai bahasa. Dan yang menarik, ada lembaran undian berhadiah emas, drone, hp, dan lain-lain.
Welcome kiddo!
Manual book
            Ada pula bonus one drive cloud storage kapasitas 200 GB, tapi ga yakin bakal ku pakai (sudah ada Google Drive dan Dropbox kan?). Lagian, cloud storage ini cuman bisa 2 tahun saja, nanti kalau 2 tahun berakhir gimana? Mau dikemanain datanya?
Lembar undian
Lembar undian yang gak sempet keisi :(
Brosur harga harddisk
            Lalu, aku jajal di laptopku. Ada registrasi online, yang ternyata buat registrasi cloud storage, bukan untuk penggunaan HDD-nya. Untuk menyimpan data, cukup buat folder dan langsung copy/move data yang diinginkan. Awalnya aku bingung, aku kira harus instalasi dulu atau apa. Kata Fafa (temen APS), bilang gak perlu instalasi, cukup langsung copy paste aja. Setelah aku coba, bener.

            Okedeh, overall fine. Keren banget. Untuk copy-paste file lebih cepat karena faktor USB 3.0 tadi. Dan semoga datanya aman selamanya di dalam HDD (aamiin). Terima kasih Lazada dan Seagate!

3 komentar:

  1. waah nen makasih infonya,aku juga lagi nyarik hardisk

    BalasHapus
  2. hardisku kayaknya kabelnya errorr , di jual or nggak yah kabelnya hardisku ???

    BalasHapus

Think twice before you start typing! ;)

 

Goresan Pena Nena Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template