Rabu, 02 November 2016

Pilih Teh Hitam atau Teh Hijau?

Siapa sih yang gak kenal teh? Di masa kini, teh telah menjadi minuman paling ‘umum’ dan dikenal banyak orang. Mulai dari warung-warung kecil, kantin, rumah makan, mall, foodcourt, cafe hingga restoran besar pun menyediakan teh. Ketika bertamu ke rumah orang pun tidak jarang juga kita disuguhi dengan teh manis hangat. Repurtasi teh sebagai minuman dengan kadar gizi dan mineral tinggi mampu membuat orang-orang memasukkan teh ke dalam daftar wajib minuman mereka sehari-hari, apalagi bagi mereka yang menerapkan gaya hidup sehat.
            Di pasaran, kita umumnya mengenal dua jenis teh, yakni teh hitam dan teh hijau. Dilansir dari laman foodwatch.com, kedua jenis teh itu sama-sama didapatkan dari dedaunan Camellia sinensis. Perbedaannya ada pada cara mengolah teh itu setelah dipetik. Teh hitam diproses dengan cara dikeringkan dan dihancurkan, lalu diolah melalui proses oksidasi, yang mana proses itu membuat enzim berubah, dari enzim katekin sederhana, menjadi lebih kompleks lagi yaitu senyawa theaflavin dan thearubigens. Sementara, setelah dipetik, daun teh hijau hanya dikukus lalu dikeringkan. Proses pengolahan teh hitam pun lebih panjang dibanding teh hijau.
 
Theaflavin hanya ada di teh hitam karena theaflavin sendiri merupakan hasil oksidasi katekin akibat proses oksimatis pada pengolahan teh hitam. Menurut penelitian, senyawa theaflavin memiliki fungsi sebagai antioksidan, antikanker, anti diabetes, dan anti penyakit lainnya. Senyawa theaflavin memberi warna merah kekuningan, dan thearubigin memberi warna merah kecoklatan dan kuning pekat. Senyawa itulah yang menyebabkan warna teh hitam lebih gelap dibanding teh hijau. Keduanya juga merupakan penangkal radikal bebas, bahkan jauh lebih ampuh dibanding senyawa katekin yang ada di teh hijau.

Menurut organicfacts.net, teh hitam memiliki manfaat-manfaat sebagai berikut:
1)     Baik untuk jantung, dengan syarat dikonsumsi secara rutin. Dapat membantu memperbaiki arteri yang rusak, serta mengurangi resiko penyakit-penyakit kardiovaskular.
2)     Bagus untuk penderita asma. Dapat memperluas saluran udara agar penderita asma dapat bernapas lebih lega.
3)     Jika mengonsumsi teh hitam secara rutin, dapat mengurangi kadar kolesterol buruk. Kolesterol buruk (LDL) sendiri bertanggungjawab atas munculnya penyakit jantung.  Dalam penelitian oleh American Heart Association, orang yang mengonsumsi tiga hingga empat cangkir teh hitam tiap harinya secara rutin, mampu menurunkan resiko atas penyakit jantung daripada mereka yang tidak mengonsumsinya sama sekali.
4)     Meminum teh secara rutin, baik teh hitam atau teh hijau, mampu mencegah tumbuhnya sel kanker di payudara. Sel-sel yang membelah secara abnormal dapat dicegah untuk menjadi sel kanker payudara, dengan cara meminum teh secara rutin. Tentunya merupakan kabar baik bagi seluruh perempuan, bukan?

Sementara menurut authoritynutrition.com, beberapa manfaat teh hijau adalah sebagai berikut:
1)     Teh hijau mengandung antioksidan yang dapat mengurangi radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Salah satu antioksidan di teh hijau adalah Epigallocatechin Gallate (EGCG), memiliki manfaat medis yang sangat dahsyat. Juga mampu melindungi sel dan molekul dari kerusakan. Sebagai informasi, radikal bebas berperan dalam mempercepat penuaan dan menambah penyakit-penyakit baru.
2)     Teh hijau menambah fungsi otak dan daya konsentrasi. Didalamnya ada kandungan kafein yang berfungsi sebagai stimulus otak. Namun efek kafein pada teh hijau berbeda dengan kafein yang ada di kopi. Terlalu banyak kafein di kopi dapat menyebabkan rasa berdebar-debar dan pusing, sementara kafein di teh hijau tidak menimbulkan efek yang sama. Kadar kafein di teh hijau jauh lebih sedikit, namun cukup untuk membuat kita terjaga dan menghilangkan rasa kantuk.
3)     Selain itu, istimewanya adalah teh hijau mempercepat proses pembakaran lemak dan menambah performa fisik! Secara perlahan-lahan, akan membantu menurunkan berat badan serta menurunkan resiko untuk menjadi obesitas (kelebihan berat badan). Menurut penelitian, teh hijau dapat mengurangi lemak, terutama di sekitar area abdominal (perut). Meski begitu, manfaat ini hanya bisa didapatkan dengan mengkombinasikan meminum teh hijau secara rutin, mengurangi makanan berlemak, dan berolahraga/beraktivitas fisik teratur.
4)     Antioksidan dalam teh hijau juga dapat menurunkan resiko terkena kanker. Senyawa itu dapat mengontrol pertumbuhan sel kanker yang tidak wajar dan menurunkan resiko beberapa tipe kanker, seperti kanker payudara, kanker prostat dan kanker colorectal (bagian usus besar/rektum).
5)     Teh hijau dapat melindungi otak pada masa-masa tua, serta menurunkan resiko terkena Alzheimer dan Parkinson. Teh hijau juga menambah kinerja otak, sehingga lansia tidak mudah terkena kepikunan.
6)     Manfaat lainnya adalah teh hijau dapat membunuh bakteria di mulut, mencegah munculnya plak, mengurangi bau mulut yang tak sedap, mencegah virus influenza menyerang kita, juga dapat meningkatkan kesehatan gigi dan menurunkan resiko infeksi pada gigi dan mulut.
7)     Resiko atas penyakit diabetes tipe 2 juga akan berkurang setelah mengonsumsi teh hijau. Dalam penelitian, teh hijau dapat mengurangi kadar gula dalam darah, serta meningkatkan produksi insulin. Efeknya tidak didapat dengan instan, melainkan secara bertahap dan harus mengonsumsi teh hijau secara rutin terlebih dahulu.  
8)     Teh hijau dapat mengurangi resiko terkena penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke, yang merupakan penyebab kematian utama di dunia.

Namun, bukan berarti meminum teh hitam dan teh hijau secara berlebihan baik bagi kesehatan. Jika berlebih, maka akan menyebabkan perut perih, maag dan kekurangan cairan (karena teh memiliki sifat diuretik, yakni dapat menyebabkan kita mudah sekali kencing/buang air kecil). Dianjurkan untuk tidak meminum teh lebih dari 5 cangkir sehari.
Selain itu, dianjurkan untuk tidak mengonsumsi teh hitam dan teh hijau dengan campuran lain, seperti gula atau susu, karena akan mengurangi manfaatnya.

CATATAN PENULIS:
-          Saya mengonsumsi teh hijau dari brand “Kepala Djenggot” dengan harga diskon di Indomaret Rp. 8000 (dari Rp. 10.000), dengan isi 25 kantong teh. Ada pula teh hijau dari brand Tong Tji, lho. Harganya pun tak jauh berbeda.
-          Saya membandingkan berdasarkan pengalaman pribadi, bahwa meminum teh hitam membuat kita lebih mudah buang air kecil dibanding teh hijau. Selain itu, konsumsi teh hitam secara berlebih dapat mengakibatkan buang air besar menjadi keras.
-          Teh hijau memiliki kandungan kafein yang lebih kuat dibanding teh hijau. Saya membandingkan bahwa teh hijau dapat mengusir rasa kantuk lebih cepat dan membuat kita terjaga lebih lama dibanding ketika mengonsumsi teh hitam.
-          Setelah mengonsumsi 3-4 cangkir teh hijau di malam hari, saya lebih merasa segar, tak mudah lelah dan tak cepat mengantuk. Jadi, setiap kali saya harus begadang untuk mengerjakan tugas, tak lupa saya minum teh hijau di malam hari setiap 1-2 jam sekali.
-          Baik teh hijau dan teh hitam HARUS diminum tanpa menambahkan sesuatu (misal: gula & susu), serta harus diminum dalam keadaan hangat. Meminum teh dalam keadaan dingin dapat menyebabkan gizinya berkurang serta rasanya semakin pahit di lidah.
-          JANGAN PERNAH meminum teh hijau dalam kondisi perut kosong/belum makan. Karena akan menyebabkan lambung kita menjadi semakin asam dan terasa perih.
-          Teh hijau lebih terbukti mencegah kantuk dibanding saat meminum kopi. Saya pernah meminum 3 cangkir kopi dan masih merasa mengantuk -_-
-          Manfaat teh hijau lain yang terbukti adalah nafas saya menjadi tidak berbau.
-          Selain itu, saya juga memakai teh hijau dengan tujuan menurunkan berat badan. Sejauh ini sih belum terlihat hasilnya (karena masih 1 minggu meminum teh hijau), tapi semoga dalam satu atau dua bulan semakin terlihat hasilnya :)

-          Imbangi dengan makan makanan bergizi, hindari gorengan, makanan berlemak, berkolesterol tinggi, minum banyak air putih, serta olahraga rutin. Uhm... Saya sendiri sih sudah memenuhi itu semua kecuali olahraga, karena males gerak (mager) hehe * jangan ditiru*

1 komentar:

Think twice before you start typing! ;)

 

Goresan Pena Nena Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template