Sabtu, 23 Desember 2017

Kunjungan ke Pabrik Campina Ice Cream bersama Local Guides Surabaya

Hai, hai semua! Berhubung UAS-ku sudah selesai, maka mulai sekarang aku bisa sering-sering nulis blog. Termasuk nulis kegiatan-kegiatanku yang sudah lewat beberapa saat silam. Nah, kali ini aku bakal menceritakan tentang kegiatanku bersama komunitas Local Guides Surabaya. Just in case you don't know, Local Guides adalah sebutan bagi para kontributor yang sering meluangkan waktu untuk menulis review di Google Maps. Nah, aku tergabung dalam Local Guides Surabaya sejak Agustus 2017 silam. Kegiatannya beragam, paling sering sih foodcrawl, tapi kali ini kami mengadakan kunjungan ke pabrik Campina Ice Cream! Huwaaa seru banget kaaaan?

Baiklah, acaranya dimulai jam 1 siang, tanggal 5 Desember 2017 silam. Ada sekitar 30 orang yang ikut. Mas Yudith yang mengorganisasi acara ini. Kami langsung ketemu di lokasi, yaitu pabrik Campina Ice Cream yang terletak di kawasan Rungkut Industri (SIER). Disana, ada banyak yang ikutan, mulai dari Dian dan Mbak Hanna (temen jurusanku di Komunikasi Unair), Mas Hakim, Ismi, Ce Renee, Mas Fahmi, Badai, Oerika, Ko Rey dan lain-lain. Banyak lah.
Here we are
Suasana pabrik
Bagian depan
Buang sampai sesuai jenisnya
Ciri khas!
Satu per satu orang mulai datang, dan ketika semua dirasa sudah ngumpul, langsung deh kita dikasih tau peraturan di pabrik Campina Ice Cream ini. Yaitu dilarang bawa smartphone ke dalam, tidak boleh motret, dalam satu komunitas hanya boleh bawa satu kamera saja untuk dokumentasi, harus cuci tangan dengan hand sanitazer yang sudah disediakan, pakai pelindung rambut kalau masuk area produksi, harus pakai sepatu tertutup dan lain-lain. Kita juga diberi edukasi kalau pabrik Campina ini sangat peduli lingkungan. Oh ya, tas kita juga dititipin. Letak penitipannya di depan, yang sebelahan sama toilet. Bukan masuk gedung utamanya.
Banyak ya?
Udah kumpul semua
Nitipin tas dulu
Biar higenis!

Okay, kami bergegas masuk area pabrik. Tapi sebelumnya kita foto dulu doong, hehe.
My pride ^^
Di bagian front office, ada tangga. Kita naik ke tangga lalu langsung menuju ke kantin vegetarian milik Campina. Disini kantin khusus karyawan yang bekerja disana. Tapi Local Guides Surabaya mendapatkan keistimewaan lho, yakni diberi kesempatan makan siang di kantin vegetarian! Woaaah, luar biasa! 
Antri makan
Kesempatan langka nih!
Hayo mau pilih apa?
Enak-enak yaaa
Lunch terbaik!
Disini menunya fusion antara western dan Indonesia. Yakni nasi merah, salad (selada, kacang panjang dan wortel) lalu disiram saus jamur, trus ada bistik, rasanya mirip daging ayam tapi ternyata ini dari bahan-bahan nabati lho (katanya sih dari jamur atau kedelai gitu), tapi serat dan rasanya mirip daging ayam. Dikasih juga baby potato yang dikukus. Plus, dikasih sambal. Uenakk!! Terutama bistiknya. Trus untuk minumnya ada air putih biasa dan dingin. Penutupnya kita makan buah naga. Sungguh menyenangkan kita 'ditraktir' makan disini, padahal katanya tamu lain yang kunjungan nggak dikasih kesempatan seperti kami.
We are here
Sembari makan, kita juga tau bagaimana nilai yang dipegang Campina. Seperti, makanan gak boleh bersisa (ambil secukupnya), trus kantinnya vegetarian, semua menu yang disajikan tidak berasal dari hewan. Trus dipajang juga deretan foto tokoh terkemuka dan artis yang vegetarian. Dijelasin juga kenapa pilih nasi merah, karena nasi putih biasa mengandung kadar gula yang tinggi yang bisa bikin kita berpotensi diabetes.

Setelah itu, kami jalan ke ruangan lain. Di sepanjang jalan, aku ngerasa kayak ruangannya familiar. "Mirip film ya Ce?" ucapku pada Ce Renee. Dia mengiyakan, "Iya yang film zombie itu lho! Laboratoriumnya mirip ini!" jawabnya dengan sumringah. "Aduh, lupa aku nama filmnya." balasku, sembari mengingat-ingat. Tapi sampai hari ini aku masih lupa apa judul filmnya. Haha.
Nyaman
Selamat datang!
Agenda hari ini
Lokasi kita
Kita masuk ruangan mirip auditorium(?) yang ada kursi-kursinya. Disini kita mendengarkan penjelasan dan melihat sejarah Campina Ice Cream melalui video yang diputar. Ada beberapa fakta menarik, yakni Campina Ice Cream awalnya hanya es krim rumahan yang diproduksi di garasi rumah, dibuat karena kecintaan ayah kepada anak-anaknya. Jadi anaknya selalu pengen beli es krim, tapi akhirnya ayahnya memutuskan buat bikin sendiri dengan bahan-bahan yang sehat dan aman. Trus Campina juga ada beberapa program CSR, seperti membantu pembibitan jamur dan memulihkan kondisi psikologis anak-anak korban bencana dengan fun games dan makan es krim. Dijelaskan juga prospek bisnis Campina di masa mendatang, banyak lah. Cuman aku agak lupa, hehe.
Langsung fokus hihi
Happy face!
Makan dua sendiri dia wkwkwkw
Namun, karena hujan deras di luar, akhirnya kami harus nunggu. Akhirnya kami diberi kesempatan makan es krim dulu, hehe. Ada pilihan es krim coklat, coklat dengan filling (isian) karamel, dan ada es cup juga kalo ga salah. Ruangannya kecil, ada meja dan kursi, serta kulkas box yang berisi es krim. Satu orang dapat satu es krim (yaiyalah, mau minta berapa emang? Hihihi).

Trus, kita turun ke bawah. Ada ruangan pengemasan, tapi kita gak boleh masuk. Cuma ngintip dari luar. Sembari dijelaskan pula pada kami, misalnya sehari memproduksi berapa puluh ribu es krim, shift-nya per hari (ada 3 shift dengan durasi 8 jam per shift), dan sebagainya.

Tapi, karena hujan yang sangat deras, kami terpaksa gak bisa masuk ruangan storage. Padahal seru lho ruangan ini, kita bisa ngerasain dingin serasa masuk kulkas raksasa! Kenapa gak bisa masuk? Karena ruangannya terpisah (beda gedung) dan kami gak boleh masuk dalam keadaan basah kuyup karena hujan. Maka, terpaksa berakhirlah perjalanan wisata kami ke pabrik Campina Ice Cream. Yahh sedih... Tapi mau gimana lagi?

Oh ya, kalau ada yang minat buat kunjungan, bisa kok. Minimal 20 orang dan maksimal 50 orang. Minimal pengajuan kunjungan H-1 bulan. Tanpa dipungut biaya. Tertarik? Komunitas, sekolah atau kampusmu bisa banget lho kunjungan kesini!

Credit photo by: Mas Barqi dan sebagian fotoku.

Terima kasih Campina Ice Cream atas kesempatan berharganya! Serasa balik SMA kalo ngelakuin kunjungan pabrik gini hehehe

0 komentar:

Posting Komentar

Think twice before you start typing! ;)

 

Goresan Pena Nena Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template