Sabtu, 03 Juni 2017

Kulineran di Cailano Cafe Surabaya

Halo, jadi ini adalah artikel lanjutan setelah kulineran di Art Date Cafe, 6 Januari 2017. Karena kami (aku dan Annisatul) masih lapar, jadi kami menuju ke cafe lain. Namanya Cailano Cafe, spesialis Kopi dan Shao Kao. Aku dapat rekomendasi cafe ini (kalo gak salah) dari Ellen, temanku dari User Loyal Foody Surabaya. Bukan tanpa alasan aku kemari, tempatnya bagus banget. Letaknya ada di ruko-ruko sekitaran Klampis. Nggak jauh dari Lumer, Platter, atau DeMandailing Klampis.
Cailano Cafe

Sore itu, setelah memarkirkan motor, kami masuk. Awalnya duduk di luar, karena ngerasa didalam nanti gelap, lighting jelek dan makanan yang dipotret jadi nggak photogenic. Eh tapi ternyata, selain area indoor, Cailano Cafe ternyata punya area semi-outdoor yang ada di bagian belakang bangunan. Tempatnya terang, lighting bagus, dan atapnya terbuat dari kaca. Ada hiasan tanaman gantung plastik, dan ada tanaman asli juga di dalam pot. Nuansanya kombinasi hijau segar dan modern (dari elemen serba-putih dan kaca). Sangat cocok buat kamu yang sengaja nyari spot foto Instagrammable. Oke, akhirnya aku dan Annisatul duduk disana.
Front view
Parkiran
Selamat datang!
Ruang indoor
Elegance
Suasana indoor
Kalau mau pesan cake, disini tempatnya
Simple and clean
Wanna order something?
In the corner
Menurut beberapa review makanan yang aku baca, Cailano ini satu dari sedikit resto yang menyediakan menu Shao Kao (chinese barbecue). Shao Kao sendiri seperti sesuatu yang di-grill, dapat berupa daging-dagingan (chicken/beef), sayuran (jamur shitake, jagung, brokoli, kembang kol, baby buncis, baby potato, dan lain-lain), hingga fish cake dan telur puyuh! Konon, makanan Shao Kao berasal dari dataran Tiongkok. Semuanya disajikan dalam bentuk tusukan (mirip sate) dan dipanggang, lalu dihidangkan deh. Untuk memakan Shao Kao, lebih cocok kalau kalian memesan lebih dari 3 menu, biar bervariasi dan lebih terasa authentic-nya. Shao Kao juga spesialis kopi, ada belasan jenis kopi yang disajikan, mulai manual brew hingga cold brew.
Foto-foto disini yuk!
Logo Cailano
Pandanglah keatas
Keren tempatnya tapi panasss
Halo Annisatul!
Lihat apasee
Oke, karena datang dengan pengetahuan yang minim, aku memesan menu secara ngasal. Aku pesan Chicken Baked Rice (Rp. 37.000) dan Annisatul pesen Chicken Shao Kao (Rp. 10.000). Sengaja nggak pesen minum, mendadak dompet kritis, haha (minumannya berkisar antara 20-30 ribu!). Nantilah, soal minum gampang, bisa mampir Indomaret pas pulang wkwk. Oke, setelah menunggu 20 menitan, akhirnya datang juga pesanan kami.
Pesanan kami
Chicken Shao Kao
Chicken Shao Kao
Kuy makan!
Snap and eat
Chicken Baked Rice
Chicken Shao Kao-nya sendiri terlihat lembek, padahal bagian dalamnya matang. Itu karena bagian luarnya/kulit ayam-nya berlemak gitu. Jadi kelihatan seperti nggak matang. Soal rasa, it’s marinated enough, dagingnya juicy, kata Annisatul. Sementara Chicken Baked Rice-ku datang dalam hotplate bowl, jadi hati-hati aja soalnya panas. Isinya ada nasi, daging ayam yang manis dan keju mozzarella. Potongan daging ayamnya lumayan banyak, tapi kejunya sedikit sih, haha. 
Ada yang lagi masak
Soal suasana, di ruangan semi-outdoor ini lumayan panas, apalagi ketika chef-nya sedang memasak. Padahal ada 2 AC lho di ruangan ini. Area semi-outdoor cuma menang pencahayaan dan background yang bagus buat foto. Mending di bagian indoor aja deh kalau pingin ngadem, walau pencahayaan disana nggak terlalu bagus. Oh ya, waktu aku datang kemari, jam 5 sore, suasana lumayan sepi. Hanya ada dua pengunjung di indoor lantai 1, dan beberapa di indoor lantai 2. Mungkin jam-jam hectic sekitar malam hari gitu, atau pas jam makan siang.
View dari lantai 2
Suasana lantai 2
            Untuk urusan menu, sebenernya menu di Cailano Cafe ini sangat bervariasi. Aku sebutkan semua yang ada di buku menu, ya! Ada Shao Kao, Toast & Croissant, Nasi Mangkok Cailano (signature dish), Baked Rice, Twice Baked Potatoes, All Day Breakfast, Salad, Side Dish (Quesadilla, Egg Rolls hingga Tofu Soup), Cailano Mix Platter, hingga Dessert (Mile Crepes, Fruit Pie hingga Ice Cream Bowl). Untuk beverages, ada Coffe, Signature Drink (Tea, Mojito, Squash, dll), macam-macam Latte, Hot Chocolate, Speciality Tea (buat kamu yang suka teh-teh unik dan anti-mainstream, disini tempatnya!) seperti Black Tea, Oolong Tea, White Tea, Blooming Tea (dengan komposisi bunga, seperti Lily, Jasmine atau Osmanthus), dan Green Tea. Milkshake, Frappe, bahkan Infused Water pun ada! Wah, lengkap kan? Menu-menu disini serba sehat, alami tapi juga lezat! Untuk urusan harga makanan, berkisar dari 5-95 ribu, dan minuman mulai 14-38 ribu rupiah.
            Btw, kami beneran mampir di Indomaret pas pulang, haha. Beli air mineral dingin dan Pentol Gila. Menutupnya dengan makan pentol yang pedes banget, sampai keringetan sendiri. It was a fun day, thanks!

Cailano Cafe
Jl. Klampis Jaya No. 43 Surabaya
Open hours: 08.00-23.00

0 komentar:

Posting Komentar

Think twice before you start typing! ;)

 

Goresan Pena Nena Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template