Rabu, 28 Desember 2016

Workshop Pembuatan Sushi oleh Foody Surabaya dan Chirashi Zushi

Nggak lama berselang setelah food tasting di Casa Bocca, Foody Surabaya kembali mengadakan event, Senin (28/11). Mengambil lokasi di Chirashi Zushi, sebuah resto spesialis makanan Jepang dengan harga yang merakyat. Letaknya ada di Jalan Raya Nginden No. 30 Surabaya. Kali ini event-nya adalah workshop pembuatan sushi roll sekaligus nyobain seluruh menu sushi roll yang ada di Chirashi Zushi.  Sounds great, huh?
Chirashi Zushi
            Acaranya dimulai jam 1 siang. Selepas kuliah, jam 12.30, aku langsung meluncur kesana. Kebetulan, kampusku dekat dengan Chirashi Zushi. Disana, sudah ada beberapa orang dan jumlahnya semakin bertambah waktu demi waktu. Mas Hakim datang, tapi Hani gak datang karena lagi ada presentasi wajib dan nggak bisa bolos. Ada beberapa orang yang satu grup LINE di Foody Loyal User, yakni Ellen dan Melinda. Ada juga @MrBoo89, si koko yang selalu ceria itu.

Welcome!
Jam 13:10, acara resmi dimulai oleh Kak Riska, memberikan gambaran umum soal acara hari ini. Pertama-tama kita akan dijelaskan oleh chef cara membuat sushi roll. Dia mengambil nori (rumput laut lembaran), nasi yang sudah diberi cuka, garam dan gula, chicken katsu (ayam goreng fillet digoreng tepung) dan kyuuri (mentimun). Dengan sigap, chef membuat sushi tak kurang dari 5 menit. Sembari membuat, dia juga menjelaskan tahap demi tahapnya:
Chef menunjukan dynamite roll yang sudah jadi
Menjelaskan tentang sushi
·         Ambil selembar nori
·         Ambil nasi seukuran telapak tangan (kurang lebih)
·         Tempelkan nasi ke nori, lalu balik
·         Beri baliknya chicken katsu dan mentimun (yang telah diiris memanjang)
·         Ambil mayonnaise, berikan mayo dari ujung nori ke ujung yang lain (tidak banyak, hanya diberikan satu strip mayo memanjang)
·         Nasi berada di luar, gulung agar chicken katsu dan mentimun ada di dalam
·         Ratakan dan rapikan gulungan dengan menggunakan alat gulung
·         Ambil pisau, basahi pisau dengan air agar pisau tidak lengket dengan nasi
·         Potong sushi jadi dua bagian, lalu potong lagi bagian itu jadi dua bagian, potong lagi bagian itu menjadi dua bagian terakhir (total ada delapan potong sushi ukuran kecil, agar mudah disuapkan ke mulut)
·         Rapikan dan jejerkan sushi, lalu beri atasnya spicy mayo atau mayo biasa (sesuai selera)
·         Ambil alat pembakar, lalu bakar bagian atas sushi yang ada mayo-nya. Bakar hingga warnanya agak kecoklatan
·         Taburkan cabe bubuk di atas sushi dan jadilah dynamite roll sushi!
Kita juga diajarkan cara membuat sumo sushi, yakni sushi yang isinya 4 biji, dengan isian yang sama (chicken katsu, timun dan mayo). Bedanya, sushi ini nori-nya diluar, sementara dynamite roll nori-nya di dalam. Jadi, kalau mau bikin sumo sushi, gak perlu pakai alat bakar, karena alat bakar akan membuat nori jadi gosong.
Siap bertarung
Sushi bikinan Mas Hakim
Setelah semua tahap tutorial selesai, kini giliran peserta membuat sushi. Ronde pertama adalah Mr. Boo versus Mr. Hakim (nama ig-nya, haha). Diberi waktu hanya 5 menit, dan yang juara adalah sushi yang paling rapi dan secara tampilan cantik. Baiklah, sensei! Let’s fight!
Bakar-bakar sushi
Terlihat enak!
Karena mager, aku dapet giliran ke-5, beradu sama Melinda, hehe. Karena rata-rata peserta pada bikin dynamite roll, aku mau tampil beda dan bikin sumo roll. Ternyata, gak susah kok. Cuman, sayangnya kalau bikin sumo roll, kita nggak bisa nambahin mayo diatas sushi dan membakarnya. Tapi, aku ngeyel pingin bakar-bakaran, dan nyoba bakar sushi-ku sebentar (beberapa detik). Eh iya, bener, nori-nya jadi gosong, wkwk goblo aing :(
SURGAAAAAA
Lalu, setelahnya, satu demi satu sushi dikeluarkan. Pada rebutan foto-foto (biasa, buat koleksi di galeri Instagram), lalu makan-makan. Setiap orang dikasih satu sumpit, lalu kita bebas memakan sushi mana saja yang telah disajikan. Total, ada 23 jenis sushi (seperti tertera di buku menu). Yang aku ingat, aku mencicipi Wakame Cheese Roll, Sumo Roll, Snowcrab Roll, dan lain-lain (karena gak ngerti namanya). Sumpah, kenyang banget!
Enjoy our time!
Setelah makan-makan, diumumkan nama pemenang pembuatan sushi hari ini. Ada mas Badai sebagai juara satu, mas Hakim juara dua, dan cece Carol juara tiga (kalo nggak salah, lupa soalnya, hehe). Lalu, ada sesi foto bareng seluruh peserta workshop sushi dan makan-makan hari ini. Yeaaaaay!
Sushi bikinanku
 Lalu, semua sushi yang kita bikin bisa dibawa pulang. Alhamdulillah, bisa aku kasih ke adikku nih, hehe. Trus, aku diminta sedikit testimoni soal acara hari ini, sama mas videografer alias mas Arga. Sampe sekarang belum aku liat videonya, hehe, maklum miskin kuota :(
Bikin video testimonial
Dapet bonus note!
Sesudah itu, semua pada pulang. Aku stay disini setengah jam buat WiFi-an, lalu balik. WiFi disini lancar lho gengs! Asyik nih kalau mau ngerjain tugas, ada stopkontaknya pula. Kegemaran anak kuliah banget: WiFi, listrik dan makanan murah nan nikmat, hehe.

TERIMA KASIH FOODY SURABAYA & CHIRASHI ZUSHI!

Oh ya, ini list menu dan harga makanan & minuman di Chirashi Zushi yaaa!


CHIRASHI ZUSHI
Jl. Raya Nginden No. 30 Surabaya
Open Hours: 11.00-23.00

0 komentar:

Posting Komentar

Think twice before you start typing! ;)

 

Goresan Pena Nena Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template