Minggu, 03 Januari 2016

Magang APS (2) - Dari Hunting Sampai Bikin Pameran Sendiri

Hi luv.
Akan ku tuliskan ini sebelum aku lupa.
            Jauh sebelum aku dan 24 orang kawanku lolos dan resmi menjadi anggota Airlangga Photography Society (APS), kami harus melewati tahapan-tahapan dan medan yang cukup panjang dan melelahkan. Tahapan paling awal adalah mendaftarkan diri, PUKM (Pengenalan Unit Kegiatan Mahasiswa), magang, wawancara, baru diklat dan resmi menjadi anggota APS. Dan total semua rangkaian kegiatan itu....menghabiskan waktu sekitar 3 bulan, mulai dari September hingga November.
            Setelah kegiatan PUKM, kami, seratus orang lebih yang lolos dari PUKM melanjutkan ke tahap magang. Apa sih magang ini? Apa kita kerja trus dapat duit dari APS? Wah enak bener, tuh! *kemudian dikeroyok seluruh penghuni sekre* Ehm, konteks magang disini sih beda dengan yang kita pahami di luar.  Yang jelas, esensi dari magang adalah untuk mendekatkan diri pada calon anggota satu ke calon anggota lainnya. Kita semua datang dari seluruh penjuru UNAIR, dari berbagai macam jurusan dan berbagai semester *eh* *anak semester tiga curhat*. Jelas, kita belum kenal satu sama lain dengan baik, apalagi PUKM cuma kenal sama anggota kelompoknya doang, itu pun hanya dua hari saja kegiatannya. Waktu magang adalah dua minggu (30 September-14 Oktober 2015), dengan serangkaian kegiatan-kegiatan yang cukup padat, dirasa cukup untuk menumbuhkan kedekatan ke sesama anggota.


            Nah, didalam magang ini ada poin minimal yang harus dicapai oleh calon anggota, yakni 200 poin. Gimana cara dapetin poinnya? Apa yang harus ku lakukan, kak? Banyak, dek (?). Ada tujuh kegiatan yang bisa menghasilkan duit poin. Yang jelas, setelah dua minggu berlalu, bodo amat, entah poin kalian memenuhi syarat atau gak, buku poin tetep harus dikumpulkan ke panitia. Apapun yang terjadi, biar mereka yang menentukan kalian lanjut atau tidak, not only based from your credit points, but also from your personality.
            Oh ya, di postingan magang sebelumnya sudah ku tulis secara general apa itu magang, apa esensi magang dan apa yang harus dilakukan pas magang biar lolos. Disini aku akan menjabarkan yang agak spesifik, yakni agenda-agendanya. Cek yuk!

1.      Hunting foto di Pantai Kenjeran Lama
Hari: Sabtu, 3 Oktober 2015
Jam: 16:00-18.00
Diadakan atas inisiatif (dan suruhan) senior APS, maka, kami anak magang cuma ikutan aja deh. Seniornya juga ikutan motret kok, meski cuma sedikit yang ikut. Sepeda motoran dari sekre ke Pantai Kenjeran Lama, lalu disana kami diperbolehkan untuk memotret sebebas-bebasnya dengan objek apapun. Tujuan dari hunting, selain mengasah kepekaan dan feeling kita pada fotografi, juga hasil fotonya nanti bisa diikutsertakan dalam pameran foto calon anggota APS 2015 yang bernama Pajang Karya. Jadi gak sia-sia deh foto-fotonya, bisa dipamerin hehe.

Ini dua objek yang ku potret, FYI yang terakhir lolos kurasi dan dipamerin di pameran Pajang Karya, lho! Ihiy!

2.      Hunting food photography di Oui Cafe
Hari: Minggu, 4 Oktober 2015
Jam: 12:00-entahlah (soalnya aku pulang jam 14:00)

Setelah sehari sebelumnya hunting di Kenjeran, besok siangnya langsung tancap gas hunting food photography ke Oui Cafe, lokasinya ada didekat SMA Komplek dan Grand City. Sesampainya di cafe, pesan makanan dan minuman, tapi ga boleh disentuh dulu. Motret dulu sampai leleh dan mencair baru dimakan, haha *pengorbanan*

Disini, karena seniornya juga ikutan, kita (anak magang) juga diajarin tekniknya ngambil food photography yang bagus, jadi ga cuma asal jepret. Oh ya, kita-kita juga sempet rebutan motret, karena yang beli makanan/minuman di cafe dikit dan yang ngantri motret lumayan banyak, hehe.

3.      Hunting cityscape di depan Hotel Majapahit dan sekitarnya
Hari: Senin, 5 Oktober 2015
Jam: 20:00-22:00
Kurang rajin apa coba, anak magang APS 2015? Dalam tiga hari berturut-turut hunting terus, bos! Kali ini, dengan segmentasi yang cukup berbeda : night photography! Khususnya sih cityscape, yang objeknya banyak bertebaran diseantero Surabaya (bcs we lived in such as big city!). Kali ini, anak magang dan beberapa senior/tim poin main ke daerah Hotel Majapahit dan Tunjungan Plaza untuk motret cityscape. Asyiiik.
Hasilnya cukup lumayan, begitu juga hasilnya temen-temen yang lain, meski gaada yang bawa tripod! *padahal itu perlengkapan standar night photography*

4.      Hunting-hunting lainnya.......
Hari dan jam: selama 2 minggu magang

Ada beberapa hunting yang tidak sempat ku ikuti, seperti hunting di Tugu Pahlawan, hunting di Kenjeran Baru, hunting didekat Monkasel, dan sebagainya. Ada kendala waktu, biasalah. Dan seperti aturan yang sudah ada, foto-foto hasil hunting itu bisa diikutsertakan dalam pameran Pajang Karya yang diadakan oleh calon anggota APS 2015! Yey!

5.      And....here it is : PAMERAN FOTOGRAFI PAJANG KARYA!
Hari: 12-14 Oktober 2015
Jam: 14:00-20:00
Lokasi: Lt. 1 Student Center @Kampus C Universitas Airlangga


Yep, finally kita mengadakan pameran sendiri, bahkan sebelum jadi anggota! Kurang keren apa coba, hehe. Jadi, anak-anak magang bikin kepanitiaan dan mengurusi a lot of stuff, mulai dari perizinan, konsep acara, teknis hingga promosi. Sementara, kurasi foto diserahkan ke angkatan atas yang sudah senior untuk memilih foto mana yang bagus untuk dipamerkan.
Poster pameran kita hehe
*wajah-wajah penjaga shift yang gabuuut aha*
Setelah rundingan di grup LINE (karena kendala waktu dan benturan jam kuliah jadi rapat via LINE), maka diputuskan tema pameran adalah “Potrait City of Heroes” yang mengambil konsep memotret Kota Surabaya yang identik dengan sejarah kepahlawanan yang luar biasa. Mengapa pahlawan yang ditonjolkan? Simply because tanggal pameran kami dekat dengan Hari Pahlawan. Meski begitu, ada juga foto-foto yang tidak masuk konsep City of Heroes, tetapi karena setting lokasinya di Surabaya, oleh kurator akhirnya foto-foto itu tetap diloloskan.

Apa kendala pameran fotografi kami? Banyak! Mulai dari jam jaga shift yang berantakan, pameran mundur satu hari dari jadwal, promosi yang sangat kurang, lokasi pameran yang terpencil (di Student Center, seharusnya di lokasi yang lebih strategis), pengunjung yang sedikit hingga hanya sedikit yang benar-benar terlibat di kepanitiaan. Tapi, setidaknya sebagai bahan pembelajaran kami bagaimana caranya membuat pameran fotografi yang berkonsep dan dipersiapkan dengan matang.

6.      Hal-hal kecil........

*manekin Bella Sofie favoritnya Shella wkwk*
Yea, selain event-event diatas, dalam dua minggu magang juga ada kegiatan lain. Yang pasti, nyekre (main ke sekretariat APS), nongkrong (only if you request pada tim poin), ikutan lomba fotografi, baik skala regional, nasional hingga internasional, bersih-bersih sekre dan lain sebagainya. Semua itu dilakukan dengan dua tujuan utama : nambah poin atau having fun
Poin totalku aha *ambisius*

All photos taken with Nikon Coolpix S3500

0 komentar:

Posting Komentar

Think twice before you start typing! ;)

 

Goresan Pena Nena Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template