Minggu, 26 Juli 2015

The Sims (House Party) – Jalan Panjang Menjadi Petinggi Rumah Sakit

Libur semester dua menjadi alasanku memainkan game ini lagi. The Sims 1, seri expansion pack House Party. Sebelumnya sih sempat curi-curi waktu untuk main, tapi akhir-akhir ini, karena libur, aku memainkannya sampai tengah malam.
            Oke, kalian boleh menghinaku karena disaat orang-orang heboh main The Sims 4, aku masih berkutat di seri pertamanya. HIKS! Apa daya, spesifikasi laptop yang rendah jadi alasan L Jangan pamer yah, yang sekarang lagi asik-asik terbuai dalam grafik, fasilitas dan storyline baru nan mencengangkan milik Sims 4, sementara aku hanya cukup puas melihat grafik yang seadanya. Pffft.


            (14 Juli 2015)
Aku memulai “keluarga” ku dengan membuat replika diriku (yang jauh dari kenyataan wkwk) dan pasangan bernama Alessandro. Jangan tanya itu siapa, itu nama random saja wkwk. Kalian tahu, sebelum-sebelumnya aku membuat keluarga dengan orang-orang yang....errrrr... tak bisa ku miliki di dunia nyata. BHAHAHAHA. Tertawalah, aku mengizinkan. What a misery!
            (Psst, kalian akan kaget jika kalian tahu siapa-siapa saja yang “berkeluarga” denganku)
            Jadi, aku, dengan tubuh slim dan pakaian sporty, berpasangan dengan laki-laki atletis bernama Alessandro. Aku mendirikan rumah di tepi sungai (apa danau, ya?) dengan modal awal sebesar 20.000. Harga tanah itu sekitar 7500 Simoleans.
            Memiliki cita-cita membangun rumah yang megah, aku mengetik Ctrl + Shift + C, mengetik kata “Rosebud” dan voilaaaa! Uangku nambah 1000 Simoleans! Ku lakukan itu hingga uangku menjadi 50.000 dan mendesain rumah bergaya stone palace or something. Satu lantai, tapi luas dan banyak bangunan kecil di sekitarnya sebagai penunjang.
           
            (Bangunan utama rumah ini terinspirasi dari desain rumah milik Bayu Skak, dalam videonya “Dolan Game” The Sims 4 Ep 1, dengan lorong dan ruangan-ruangan di kanan kiri)
           
            Alessandro, kupilihkan pekerjaan dibidang kesehatan, pilihan yang biasanya jarang ku sentuh. Dulu, aku lebih tertarik memilih pekerjaan sebagai tentara, atlit dan semacamnya. Sementara aku sendiri, dengan “Active” poin 7-8 buah, memilih karir sebagai atlit. Karena dia aktif, jadi pilih pekerjaan yang menguras tenaga.
           
            Jabatan pertama yang “diemban” adalah Medical Technician. Mengenakan seragam berwarna merah dan celana panjang berwarna biru. Bekerja mulai jam 09.00-15.00. Pulang membawa duit seadanya (200 Simoleans). Kalau menurut keterangannya, Medical Technician ini mirip-mirip ama pegawai administrasi plus radiografer gitu.

Tapi, itu tidak bertahan lama. Karena sehari kemudian (waktu Sims setempat), Alessandro naik pangkat menjadi Paramedic. Shift malam (23.00-05.00). Seragamnya masih sama. Bayaran naik menjadi 275 Simoleans.


Paramedic, kerjanya malah gak jadi Paramedis-nya, tapi malah nyupir ambulans-_- Plus masuk sekolah kedokteran (medical school). Kerja part time gitchu. Kalau mau naik pangkat, dari Paramedic ke selanjutnya, dibutuhkan skill Mechanical, yang bisa kita dapatkan dari baca buku atau crafting (bikin kerajinan dengan memahat kayu). Butuh 2 skill Mechanical.


Setelah punya 2 poin Mechanical, Alessandro naik pangkat jadi Nurse (perawat). Yehee! Jam kerja berubah lagi ke 09.00-15.00 dengan gaji 340 Simoleans. Kerjanya ngapain? Ya jadi perawat (pake tanya) (plakk). Keterangannya sih kita udah lulus sekolah kedokteran, tapi kok jadi Nurse? Magang? Entahlah.
            Untuk naik pangkat, dibutuhkan 2 poin Body (bisa didapat dari work out di alat fitness atau renang) dan juga 2 teman. Ya, harus mulai berinteraksi dengan sesama deh wehee. Alhasil, upaya-upaya “cari teman” didapat dari ngajak ngobrol tetangga yang lamaa dan HARUS sering-sering keep in touch kalo gak mau ‘losing friend’

(15 Juli 2015)
Capex kemarin maen sejam. Sekarang, siang-siang main lagi. Berusaha memenuhi tuntutan pekerjaan dan akhirnya Alessandro naik pangkat juga menjadi Intern. Intern itu apa qaqaa? Well, kalian disini mengenalnya dengan sebutan Dokter. Iyaa.. dokter. Yang kalo ada pasien lewat langsung di njusss...njussss (Dokter Susan) #HastagCreepy #GakBerobatGakPateken


Gajinya sekarang 410 Simoleans dan kerja dari jam 09.00-18.00. Kerjanya ngaps? Ditulisannya sih ‘doing paperwork’ dan ‘changing bandages’. Ha? Ganti perban? Petugas PMR kali. Fuuu. Sekolah dokter mahal-mahal padahal-_- Oh ya, seragamnya ganti cuy! Jadi kaya dokter beneran. Dijemput ama mobil warna putih pula.

Kalo mau naik pangkat, harus nambah Friend jadi 3 poin, Mechanical jadi 3 poin dan Logic jadi 2 poin. Logic bisa didapat dari main catur atau Gaze (main-main sama Teleskop). Btw katanya kalo main sama teleskop nanti diculik Alien. Mana? Udah bolak-balik ngelakuin di malam hari tapi gak diculik-culik juga huft-_-


Setelah berjuang, akhirnya jadi Resident. Gaji naik jadi 480 Simoleans. Jam kerja 21.00-04.00. Resident ini kayak petugas UGD. Shift malam, UGD pula. Horror. Untuk naik pangkat, harus punya 4 teman, Charisma 1 poin, Body 3 poin dan Logic 4 poin.


Karena lelah, ganti aktivitas didunia nyata. Dan mulai main lagi sehabis magrib. Naik pangkat jadi GP (General Practicioner). Kerja dari jam 10.00-18.00, gaji 550 Simoleans/hari. Kerja di klinik. Tapi all by myself. Nangani pasien patah tulang, kehamilan dsb Alessandro sendiri. Seharusnya kan spesialis yha. Tapi yawdah, namanya juga game. Kita menghargai kinerjamu kok, Maxis.
Untuk naik pangkat, butuh Friend(s) 5, Repair/Mechanical 4, Charisma 2, Body 4, Logic 4, Creativity 1. Seragamnya masih ijo, tapi udah dijemput ama mobil balap coyy.



Dan.. Naik pangkat jadi Specialist. Kerja dari jam 10.00-16.00 dengan gaji 625 Simoleans. Disini, disarankan untuk mulai membangun keluarga (dari pop out messages box-nya). Yaelah, kagak usah disuruh, udah dari dulu hihihi. Punya anak cowok, namanya Pawitra (edisi kangen gunung) #HastagPengenMuncak
Untuk naik pangkat, butuh Friend(s) 7, Charisma 3, Body 5, Logic 6, Creativity 2. Oh ya, baru njelasin. Charisma didapat dari speech/pidato didepan cermin dan Creativity dari main gitar/piano/melukis.
Disini, mulai harus banyak-banyak making friends, makanya aku jadi sering ngadain Party, menelepon teman, ngundang teman atau malah nyetop orang lewat biar bisa jadi teman keluargaku wkwk. Ku kerahkan “istri” dan “anak” supaya bisa berteman dengan siapa saja (budak ambisi suami qkqkqk)

(17 Juli 2015)
Hey guys. Hari ini, pagi buta, ditengah-tengah orang takbiran aku malah main Sims-_- Abisnya gak bisa tidur, excited besok lebaran (kayak sebelumnya gak pernah lebaran ajah huft)
Jadi, aku berhasil menaikkan pangkat menjadi Surgeon. Dokter bedah. Jam kerja 10.00-16.00, bayaran 700 Simoleans. Keren kan Alessandro? (bukan Aliando wkwk). Untuk naik pangkat ke level selanjutnya, butuh banyak syarat, salah satunya adalah bertapa memiliki banyak skill. Friend(s) 9, Repair/Mechanical 5, Charisma 4, Body 6, Logic 8, Creativity 3. Fufufu.

(18 Juli 2015)

Setelah berjuang memperoleh skill, akhirnya naik pangkat jadi Medical Researcher. Uhuyy. Mulai ganti seragam, jadi pake jas-jasan dan dijemput mobil mewah. Classy banget dah. Kerjanya kayak bikin vaksin, model-model orang lab ghetoo. Jam kerja 09.00-16.00 dengan bayaran 775 Simoleans.

Syaratnya tambah banyak buat naik pangkat. Otomatis mood-nya Alessandro jadi merah kadang-kadang. Akhirnya, setelah baca-baca di web, “istri” disuruh bikin ramuan-ramuan yang bisa meningkatkan vitalitas  mood. Pake alat bernama Conconation Station gitu. Harganya 700-800 Simoleans. Tapi gak asal ramuan, hanya minum yang warna biru untuk menjadikan mood jadi hijau lagi. Random tapinya. Kita gak bisa brharap kalau kurang tidur trus minum ramuan, energy jadi balik. Bisa-bisa yang Hygenie yang jadi full, atau Fun yang jadi full ijo. Random. Makanya harus bikin banyak (2 alat) biar bisa mengatasi.
(kalo keseringan bikin ramuan, ada polisi datang dan menasehati plus kena denda 500 Simoleans. tapi gak tiap hari kok, paling 2-3 hari sekali)

Jangan pernah minum ramuan yang pink, karena Sims-mu bakal jadi zombie selama berjam-jam dan ngerusak rumah (membocorkan keran, memampetkan WC sampe eek-nya keluar, menghancurkan TV dan komputer, sampe yang paling parah, bangunin orang tidur. kenapa parah? karena ada BUG! jadi selama berjam-jam dia ngomel-ngomel disamping tempat tidur dan bikin si anak gak bisa keluar. gak bisa dihentikan kecuali Out tanpa di-save). Keterangan lain soal ramuan bisa dibaca DISINI

(20 Juli 2015)
Cita-cita menjadi petinggi rumah sakit terwujud di hari ini, yang juga hari ultahku. Yehee, iya makasihh..makasihh ucapannya. Moga doanya balik ke kamu yahh mwaahh #OkeFokus!

Akhirnya jadi Chief of Hospital Staff, setelah memenuhi syarat Friend(s) 11, Repair 6, Charisma 6, Body 7, Logic 9, Creativity 4. Ini adalah posisi tertinggi di Medical Career dan gak ada apa-apa lagi diatasnya kecuali langit (dan Tuhan). Kerja jam 09.00-16.00 dan gaji 850 Simoleans. Senangnya.

Dan sekarang... Setelah goal terpenuhi, jadi bingung mau ngapain. Punya anak udah, sukses udah, kaya sudah. Terus apa lagi? Mana Sims-nya gak bisa mati karena penuaan (hanya bisa mati karena accident/kecelakaan kayak kebakaran dsb). Entah setelah ini mau ngapain, mungkin rehat sejenak dari dunia per-Sims-an dan rencana beli expansion pack baru : Hot Date. Uhuyyy.

BONUS : List skill untuk naik pangkat di Medical Career

0 komentar:

Posting Komentar

Think twice before you start typing! ;)

 

Goresan Pena Nena Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template